Tuesday, November 29, 2016

Manfaat Tanaman Herbal yang Jarang Diketahui

Indonesia memang di kenal kaya akan rempah-rempah serta berbagai jenis tanaman obatnya. Dulu memang tanaman herbal lebih di pilih sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dari pada menggunakan obat berbahan kimia. Namun semakin lama, dengan adanya perkembangan jaman, tanaman-tanaman herbal sudah di lupakan. Padahal manfaat tanaman herbal ini begitu beragam. Beberapa tanaman yang sering Kita jumpai bisa di gunakan sebagai obat, hanya Kita saja yang kurang perhatian atau memahami khasiatnya.


Beberapa manfaat tanaman herbal yang jarang di ketahui, antara lain:

·        Seledri, mungkin Anda akan kebingungan bila Anda mendengar tanaman ini masuk ke dalam jajaran tanaman herbal. Tanaman ini di gunakan untuk mengobati asam urat. Caranya pun relative mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa seledri, sebanyak 1 gelas air. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan minum pada waktu pagi,
·        Mengkudu, tanaman ini banyak di jumpai di daerah Aceh. Biasanya di gunakan untuk acara buka puasa atau sebagai rujak. Namun, tahukah Anda bila mengkudu bisa Anda jadikan obat penyakit jantung koroner? Cara membuatnya, Anda hanya tinggal membuat jus mengkudu, saring, dan campurkan sedikit madu. Minum ramuan ini ketika pagi dan sore,
·        Belimbing, selain di konsumsi sebagai buah, belimbing yang sangat kaya akan vitamin ini juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol yang paling ampuh. Anda cukup dengan mengonsumsi belimbing setiap hari.



Mungkin manfaat tanaman herbal ini sudah jarang Kita perhatikan. Seringkali Kita merasa kurang sabar sewaktu membuat ramuan. Selain itu jangka waktu menggunakan tanaman herbal ini relative lebih lama, dari pada obat yang menggunakan bahan kimia. Ini di karenakan, tanaman herbal ini berfungsi mengobati, hingga ke dalam-dalam tubuh. Namun, di dalam obat kimia hanya berfungsi sebagai pengurang rasa sakit, setelah itu Anda akan dapat merasakan sakit lagi.

Manfaat tanaman herbal bila Anda gunakan secara terus menerus, antara lain:

·        Tidak menimbulkan efek samping, tanaman atau obat herbal memang sejatinya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda,
·        Mengobati penyakit yang Anda derita hingga sembuh,
·        Tidak membutuhkan biaya yang mahal, selain ramuan siap saji di jual dengan harga yang murah, Anda pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah.


Manfaat tanaman herbal mungkin bisa Anda rasakan ketika penyakit Anda sudah sembuh. Anda akan lebih merasa segar bugar. Apalagi bila sudah berbicara tentang sifat ekonomis dari tanaman herbal. Bila Anda membeli obat kimia, untuk sekali beli Anda bisa menghabiskan uang hingga ratusan ribu, namun bila memakai tanaman herbal, Anda hanya perlu telaten untuk membuatnya. Tetapi tetap di sarankan Anda untuk bertanya kepada ahli medis.
Post a Comment