Tuesday, November 29, 2016

Waspadai Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Anda

Alkohol memang sebuah minuman yang sebagian orang menganggapnya wajar untuk di konsumsi. Namun tahukah Anda bila alkohol dapat membuat peminumnya mengalami berbagai macam gangguan, baik gangguan kesehatan maupun gangguan mental. Mungkin ketika mengonsumsi alkohol tidak akan ada bedanya. Namun setelah beberapa menit mengonsumsinya, perasaan yang berbeda akan segera Anda rasakan. Efek yang berbeda-beda berasal dari jumlah alkohol yang di konsumsi. Peminum bisa merasakan relax, tenang, rasa senang yang terus datang, mungkin juga akan menimbulkan rasa mual. Tapi di balik itu semua bahaya alkohol sudah mengintai Anda.

Bila Anda yang belum paham tentang bahayanya minuman ini pada jangka panjang, di bawah ini adalah bahaya alkohol ketika seseorang mengonsumsinya di jangka panjang. Antara lain:

·        Alkohol akan menjadi pelarian ketika Anda mempunyai masalah. Bila sudah seperti itu, peminum akan menghalalkan segala cara agar bisa mendapatkan minuman ini, termasuk dengan melakukan tindakan kriminal,
·        Dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh,
·        Gangguan pada jantung, kinerja jantung tidak akan dapat bekerja secara optimal, dada akan terasa sesak, detak jantung kadang lemah namun kadang juga cepat, bila hal ini tidak segera di tanggulangi bisa menyebabkan kematian,
·        Rusaknya saraf, mungkin saraf akan mengganggu kerja system saraf, namun bila terus menerus akan merusak saraf otak.

Selain jangka panjang, Ada pula bahaya alkohol jangka pendek. Bahaya yang ditimbulkan memang peminum seperti memiliki rasa percaya diri yang lebih, padahal pada kenyataannya, mereka tidak bisa mengontrol diri. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya kasus kecelakaan mobil atau motor di malam hari oleh pemabuk. Mereka berhalusinasi dapat mengendalikan kendaraan secara normal, padahal untuk mengontrol dirinya sendiri mereka sudah tidak mampu.

Salah satu cara untuk mencegah bahaya alkohol  ini dengan berhenti mengonsumsinya, tentu ada cara yang bisa di lakukan agar bisa berhenti mengonsumsi alkohol ini. Antara lain:

1.      Mendekatkan diri kepada Tuhan, keluarga, teman, serta lingkungan sekitar,
2.      Lebih bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar rumah,
3.      Menghindari teman-teman yang sering mengajak minum-minuman beralkohol,
4.      Bila memiliki masalah, lebih baik menceritakannya kepada orang yang di percayai, serta mampu memberikan solusi,
5.      Pahami dampak negatif yang bisa dialami ketika mengonsumsi alkohol.


Jika sudah mengerti bahaya alkohol, di harapkan pemakai bisa menghindarinya. Mungkin membutuhkan proses yang lama, bila sudah kecanduan alkohol, tetapi proses yang lama bukan berarti tidak bisa di hilangkan  bukan? Jika berusaha secara giat serta yakin, bahwa mampu menjauhi alkohol, tidak ada yang tidak mungkin. Semua tergantung dari motivasi diri. Ketahuilah, lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif yang bisa di rasakan ketika mengonsumsi alkohol ini.
Post a Comment