Thursday, December 8, 2016

PENYEBAB PENYAKIT DEMAM BERDARAH, CARA PENCEGAHAN DAN GEJALANYA

Untuk melakukan antisipasi dini serta melakukan tindakan pengobatan secukupnya, anda bisa mengetahui penyebab penyakit demam berdarah terlebih dahulu.         Penyebab penyakit demam berdarah adalah virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Virus dengue ini pada mulanya menyelinap di dalam tubuh nyamuk, setelah itu virus dengue hidup di dalam sel menuju saluran pencernaan nyamuk.

                Virus dengue bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang membawanya. Aedes aegypti merupakan faktor utama penyebab penyakit demam berdarah yang paling banyak ditemukan. Nyamuk yang sudah membawa virus dengue mampu mentransmisikan virus tersebut ke dalam tubuh manusia yang sehat.
                Tidak hanya manusia, nyamuk yang membawa virus dengue juga bisa mentransmisikan virusnya kepada hewan seperti monyet. Selain itu, virus dengue juga bisa berperan sebagai sumber penyebab penyakit demam berdarah bagi monyet yang lainnya.
                Tapi, wanitalah yang lebih mudah beresiko terkena penyakit demam berdarah. Selain itu, demam berdarah juga mudah menyerang manusia pada rentang usia di bawah 12 tahun. Resiko demam berdarah akan lebih meningkat terhadap seseorang yang mempunyai daya tahan atau antibodi yang lemah.
                Setelah mengetahui penyebab penyakit demam berdarah, sekarang saatnya mengetahui cara pencegahan penyakit demam berdarah. Inilah cara pencegahan penyakit demam berdarah yang bisa anda lakukan :
LINGKUNGAN
Supaya penyebab penyakit demam berdarah tidak mudah muncul, anda bisa melakukan pencegahannya dengan mengendalikan tempat bersarang nyamuk beserta dengan jentik-jentiknya. Cara yang bisa anda lakukan diantaranya diantaranya adalah :
1.       Menguas tempat penampungan air atau bak mandi setidaknya sekali dalam seminggu
2.       Menguras atau mengganti air yang ada di dalam vas bunga
3.       Mengganti air minum burung setiap seminggu sekali
4.       Tutup tempat penampungan air
5.       Mengubur kaleng-kaleng bekas, ban bekas, aki bekas
6.       Perbaikan desain rumah agar saluran air lancar
BIOLOGIS
Secara biologi, nyamuk pembawa virus dengue bisa dibasmi atau dikontrol dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dan juga bakteri di akuarium rumah anda.

KIMIAWI
Secara kimiawi, penyebab penyakit demam berdarah bisa diberantas dengan cara pengasapan. Pengasapan bisa membantu membunuh nyamuk yang sudah dewasa. Sedangkan untuk membunuh jentik-jentik nyamuknya, anda bisa lakukan dengan memberikan bubuk abate di tempat-tempat yang digunakan untuk menampung air. Selain kedua cara tersebut, lavarsida juga bisa digunakan untuk mencegah penyebab penyakit demam berdarah.

Gejala Penyakit Demam Berdarah :
1.       Panas tinggi secara mendadak selama 2 hingga 7 hari
2.       Badan tampak lesu dan suhu badan di atas 38 derajat hingga 40 derajat
3.       Mimisan atau pendarahan dari hidung
4.       Muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit, apabila kulit direnggangkan maka bintik merah tidak bisa hilang
5.       Muntah atau BAB disertai dengan darah


Semoga artikel tentang penyebab penyakit demam berdarah, cara pencegahan dan gejalanya bisa bermanfaat.
Post a Comment