Wednesday, December 7, 2016

Tips Melancarkan Susah Buang Air Besar dan Mengatasi Sembelit


Buang air besar atau BAB adalah proses metabolisme tubuh yang dilakukan untuk membuang zat-zat sisa makanan yang tidak berguna alias limbah dari dalam tubuh melalui sistem pencernaan. Karena hal ini sangatlah fatal bagi kesehatan, maka susah buang air besar atau penyakit sembelit merupakan masalah kesehatan yang amat mengganggu dan tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Pasalnya, susah buang air besar dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, perhatikanlah tips melancarkan susah buang air besar di bawah ini agar masalah sembelit dapat segera teratasi, yaitu:

1.Hindari makanan berminyak dan minuman berkafein.
Makanan berminyak atau gorengan dapat membuat proses pencernaan menjadi terhambat karena minyak yang terkandung dalam gorengan membuat makanan lain yang diproses dalam saluran pencernaan menjadi semakin lambat. Sedangkan minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat menimbulkan dehidrasi yang merupakan penyebab utama sembelit. Jadi, tips melancarkan susah buang air besar yang pertama yaitu menghindari makanan berminyak dan minuman yang berkafein. Dengan begitu, buang air besar pun dapat berjalan lancar secara normal kembali.

2.Memperbanyak konsumsi serat dan probiotik.
Kekurangan serat dan probiotik atau bakteri baik merupakan salah satu penyebab yang membuat sembelit alias susah buang air besar terjadi. Padahal, serat dan probiotik dibutuhkan untuk menghaluskan dan melembekkan kotoran atau feses dalam saluran pencernaan sehingga masa transit feses tersebut dapat berlangsung lebih lancar dan tidak terhambat ketika akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur setiap hari dan mencukupkan kebutuhan probiotik dari yoghurt sesuai kebutuhan, maka susah buang air besar dapat dihindari. Itulah sebabnya mengonsumsi serat dan probiotik sangatlah penting sebagai tips melancarkan susah buang air besar yang anda alami.



3.Jangan menunda BAB.
Menahan buang air besar adalah kebiasaan yang sangat fatal akibatnya bagi kesehatan tubuh anda. Menunda BAB dapat mengakibatkan feses atau kotoran menjadi mengeras dalam saluran pencernaan apabila tidak segera dibuang. Maka dari itu, tips melancarkan susah buang air besar selanjutnya adalah dengan menghilangkan kebiasaan buruk dalam menunda buang air besar. Jika tanda-tanda BAB sudah mulai terasa, maka segeralah buang kotoran tersebut agar tidak menumpuk, mengendap dan mengeras dalam tubuh anda dan membuatnya semakin sulit untuk dikeluarkan.


Selain itu, memperbanyak minum air putih juga sangat membantu tubuh dalam memproses dan mencerna setiap makanan yang masuk dan mengeluarkan kotoran dari sisa makanan dengan lancar. Itulah tips melancarkan susah buang air besar dan mengatasi sembelit yang dapat anda lakukan. Namun apabila cara-cara di atas belum dapat memperlancar sistem pencernaan anda atau masalah penyakit yang lebih serius sudah anda rasakan, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.
Post a Comment