Wednesday, January 4, 2017

Cara Mengempiskan Sengatan Lebah – Sepele Namun Bisa Berbahaya

Terlepas dari manfaat hebat serta kontribusinya dalam dunia pengobatan, lebah pun juga bisa menjadi makhluk yang menakutkan. Sengatan lebah adalah hal yang sering kita waspadai dalam aktivitas harian kita karena terlampau besarnya daya adaptasi lebah pada habitat manusia, sehingga menjadikan mereka sangat mudah ditemui di sekitar kita. Selain tajam, alat sengat lebah juga mengandung toxin berupa bakteri alami yang bisa menyebabkan keracunan kelas ringan hingga berat. Sakit yang biasa muncul karena sengatan lebah dan masuknya bakteri beracun kedalam tubuh adalah gatal dan demam. Demam ini sebenarnya adalah penyakit turunan hasil dari perlawanan daya tahan tubuh terhadap masuknya racun ke dalam tubuh, perlawanan ini menjadikan suhu tubuh meninggi dan nafsu makan akan berkurang, penyakit yang biasa kita sebut demam pun menyerang.
Sengat lebah itu selain tajam juga sangat rapuh, terkadang setelah menyengat sesuatu, biasanya karena sesuatu tersebut mengancam daerah teritori koloninya, maka sengat mereka seringkali menempel pada tubuh yang tersengat. Setelah sengat itu terlepas dari tubuhnya dan tertinggal pada tubuh yang tersengat, lebah tersebut biasanya akan segera mati karena sengat mereka tersambung pada kelenjar vital. Meski begitu, ada pula sebagian kasus minor yang membuktikan kalau tak semua lebah yang menyengat itu akan kehilangan sengatnya, ada pula sebagian lebah dengan sengat yang masih menempel pada tubuh mereka dan menjadikan mereka tetap hidup, biasanya lebah seperti ini akan menyerang lebih dari satu kali sampai yang disengat pergi. Berbeda dengan tawon yang memang bisa menanggalkan sengatnya sesuka hati, lebah cenderung akan hidup dengan satu sengat seumur hidupnya, kecuali pada sebagian spesies yang langka.
Kembali pada masalah, sengatan lebah ini agar tak menimbulkan sakit serta alergi maka harus segera diatasi, baik dengan obat maupun terapi. Hal ini tak bisa diremehkan karena bakteri dalam racun lebah terkadang mengandung virus yang bisa sangat berbahaya. Ada beberapa langkah dan cara mengempiskan sengatan lebah yang harus diikuti secara totalitas dan teratur..
Cara Mengempiskan Sengatan Lebah yang pertama adalah dengan mencari titik sengatan dan mencabut sengat yang menempel. Anda harus mencabutnya secara garis lurus sesuai dengan arah hujaman sengatan yang terjadi, jika sampai miring atau tak sesuai arah maka dikhawatirkan ada bagian dari sengat yang terputus dan tertinggal di dalam tubuh.
Cara Mengempiskan Sengatan Lebah setelahnya adalah dengan membersihkan luka dengan antiseptic baik sabun maupun antiseptic lain, luka yang bersih akan membantu daya tahan tubuh anda memerangi bakteri dari toxin dan mencegah bakteri lain masuk melalui celah luka.

Cara Mengempiskan Sengatan Lebah yang terakhir adalah dengan meengompreskan air es atau menggosokkan bawang putih pada bekas sengatan. Air es akan membantu mereduksi dan mematikan perkembangan bakteri, membuat mereka pasif, dan bawang putih akan menghasilkan anti oksidan yang berguna untuk memperkuat jaringan tubuh anda yang robek kecil tersebut.
Post a Comment