Wednesday, January 25, 2017

Jenis Tanaman Obat yang Perlu Diketahui

Tanaman obat banyak tumbuh diIndonesia, yang dimana Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya salah satunya adalah berbagai jenis tanaman obat. Tanaman obat disebut juga dengan tanaman herbal yang bisa mengobati penyakit yang diserita oleh seseorang. Terkadang kita lebih senang untuk mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia dari pada obat herbal. Tanaman obat sangat terbukti ampuh dibandingkan dengan obat kimia. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan berikut mengenai jenis tanaman obat yang ada di Indonesia:

1.Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu. Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.

5 Jenis Tanaman Obat yang Perlu Diketahui


2. Pasak Bumi (Tongkat Ali)
Tanaman ini di Indonesia tumbuh didaerah Kalimantan dengan nama latin Eurycoma Longifolia Jack. Tongkat ali dapat membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dll.

3. Mengkudu
Mengkudu memiliki nama yang berbeda - beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa disebut pace. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas aceh. Tapi taukah anda bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak.


5. Temu Lawak
Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.

Demikian 5 Tanaman obat yang tumbuh diIndonesia yang bisa dijadikan obat herbal. Semoga bermanfaat.
Post a Comment